Sambutan Ketua DPRD Prov. Sultra Dalam Sidang Paripurna HUT Sultra ke-58


Bismillahirrahmanirrahim


Yang Terhormat dan Kami Muliakan:


· GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROV. SULTRA;

· PARA WAKIL KETUA DAN ANGGOTA DPRD PROV. SULTRA;

· PARA ANGGOTA FORKOPIMDA PROV. SULTRA ;

· KAPOLDA SULTRA;

· KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SULTRA;

· DANREM 143 HALUOLEO.

· KETUA PENGADILAN TINGGI SULTRA;

· KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA PROVINSI SULAWESI TENGGARA;

· KEPALA BADAN INTELEJEN NEGARA DAERAH (KABINDA) SULAWESI TENGGARA;

· KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SULAWESI TENGGARA;

· DAN LANAL KENDARI ATAU YANG MEWAKILI;

· DAN LANUD HALU OLEO ATAU YANG MEWAKILI;

· PARA PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA LINGKUP PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA;

· PARA PIMPINAN INSTANSI VERTIKAL LINGKUP PROVINSI SULAWESI TENGGARA, YANG SEMPAT HADIR, ATAU YANG MEWAKILI;

· PIMPINAN BUMD LINGKUP PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA;

· PARA PIMPINAN PERGURUAN TINGGI DI SULTRA ATAU YANG MEWAKILI DAN BERKESEMPATAN HADIR;

· PARA PEJABAT ATAU PIMPINAN LEMBAGA, BADAN DAN KOMISI LINGKUP PROVINSI SULAWESI TENGGARA;

· PARA TOKOH AGAMA, TOKOH ADAT, TOKOH MASYARAKAT, TOKOH PEREMPUAN, PENGGIAT LSM/NGO, SERTA

· PARA PIMPINAN MAHASISWA BAIK INTRA MAUPUN EKSTRA UNIVERSITER; REKAN-REKAN PERS; HADIRIN DAN UNDANGAN YANG KAMI MULIAKAN.


ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH;

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA; OM SWASTYASTU;

NAMO BUDDHAYA; SALAM KEBAJIKAN


MENGAWALI SAMBUTAN INI, SAYA MENGAJAK KEPADA PARA HADIRIN DAN UNDANGAN YANG TERHORMAT UNTUK MEMULAI ACARA INI DENGAN MEMPERSEMBAHKAN UNGKAPAN PUJI SYUKUR ATAS SEGALA NIKMAT DAN KEAGUNGAN ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA. SEGALA PUJI BAGINYA KARENA ATAS BERKATNYA, ACARA PADA HARI INI DAPAT KITA LAKSANAKAN DENGAN PENUH KEBERSAMAAN DAN DALAM SUASANA PERSAUDARAAN YANG UTUH.


ATAS NAMA PIMPINAN DAN PARA ANGGOTA DPRD SULAWESI TENGGARA KAMI SAMPAIKAN UCAPAN TERIMAKASIH DAN SALAM TAKZIM KEPADA HADIRIN DAN PARA UNDANGAN, YANG PADA HARI INI TURUT HADIR DI GEDUNG DEWAN YANG TERHORMAT INI UNTUK MENGIKUTI RAPAT PARIPURNA DEWAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI PROVINSI SULAWESI TENGGARA YANG KE 58 TAHUN. INSYA ALLAH, ESOK HARI, BERTEPATAN TANGGAL 27 APRIL 2022 KITA MEMASUKI HARI PUNCAK BERSEJARAH TERBENTUKNYA PROVINSI SULAWESI TENGGARA YANG SAMA KITA CINTAI INI. SEIRING BERTAMBAHNYA USIA PROVINSI KITA, SEMAKIN BERTAMBAH PULA PENGALAMAN BAGI PUTRA-PUTRI NEGERI INI DALAM MENGELOLA KESUKSESAN PEMBANGUNAN DAERAH. SEMOGA DI MOMENT PERINGATAN HARI JADI PROVINSI INI KITA DAPAT MENGAMBIL NILAI SERTA PELAJARAN BERHARGA DALAM MERAWAT KEBINEKAAN, MENJALIN SEMANGAT DAN SOLIDITAS, MEMPERKUKUH PERSAUDARAAN SERTA MENGEMBANGKAN PERSATUAN DIANTARA WARGANYA.


ALHAMDULILLAH, PADA TAHUN INI KITA KEMBALI MEMPERINGATI HARI JADI PROVINSI SULAWESI TENGGARA DALAM BINGKAI BULAN SUCI RAMADHAN 1443 HIJRIAH. MELALUI KEBERKAHAN DAN KEMULIAAN BULAN SUCI RAMADHAN AKAN MENGIRINGI PROVINSI INI DENGAN PENUH HARAPAN DAN OPTIMISME. MARILAH KITA MENGAMBIL MOMENTUM PERINGATAN INI DI DALAM KELUHURAN BULAN SUCI RAMADHAN DAN SEMOGA MENJADI SPIRIT BAGI KITA UNTUK MERETAS JALAN MENUJU KESADARAN PUNCAK; MENGGAPAI KELUHURAN HATI DAN AKAL PIKIRAN KITA DALAM MENSYUKURI ANUGERAH TUHAN PADA DAERAH YANG TERCINTA INI.


SDR. GUBERNUR, SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT, HADIRIN YANG TERHORMAT...


PADA TAHUN 2022, NEGARA KITA MEMASUKI TAHUN INI DENGAN PENUH OPTIMISME. PELUANG DAN HARAPAN DI TAHUN INI CUKUP MENJANJIKAN DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL KITA. SEBAGAIMANA KITA KETAHUI, COVID 19 YANG MEWABAH BEBERAPA TAHUN TERAKHIR INI TELAH MENGHANTAM SENDI KEHIDUPAN GLOBAL SERTA MEMBERI DAMPAK PADA SEKTOR EKONOMI, SOSIAL DAN KESEHATAN, TERMASUK NEGARA DAN DAERAH KITA YANG TERCINTA.


PADA TAHUN INI, KHUSUSNYA DI NEGARA KITA, WABAH COVID 19 PERLAHAN MULAI TERKENDALI WALAU SEUTUHNYA BELUM BISA DIKATAKAN PULIH SAMA SEKALI. HAL DEMIKIAN TERKONFIRMASI DARI ANGKA KASUS HARIAN, KASUS AKTIF, KEMATIAN DAN BOR YANG KONSISTEN MENURUN ATAU MEMBAIK. SEJALAN DENGAN ITU, ANGKA KESEMBUHAN JUGA CUKUP MENINGKAT. SAMPAI SAAT INI PEMERINTAH MASIH TERUS MELAKUKAN PEMANTAUAN, MENGEVALUASI, MEMBERIKAN HIMBAUAN DAN PANDUAN SERTA BERBAGAI LANGKAH PENERAPAN KEBIJAKAN UNTUK MEMUTUS RANTAI PENULARAN COVID 19. SEMUA YANG DILAKUKAN PEMERINTAH KITA MERUPAKAN IKHTIAR DALAM MEMBANGUN KEWASPADAAN NASIONAL DARI BAHAYA PENULARAN WABAH COVID 19 SECARA BERKELANJUTAN.


SELAMA DUA TAHUN INI, INDONESIA BERHASIL MELEWATI GELOMBANG PUNCAK PENULARAN COVID 19, YAKNI GELOMBANG VARIAN DELTA PADA KUARTAL III 2021 DAN VARIAN OMICRON YANG SEMAKIN MENURUN SEJAK MEMASUKI KUARTAL I TAHUN 2022. KEBERHASILAN TERSEBUT MERUPAKAN UPAYA SINERGI DAN KOLABORATIF DARI SEMUA ELEMEN BANGSA, TERMASUK PARTISIPASI KITA SEBAGAI WARGA SULAWESI TENGGARA. PERAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT YANG SABAR DAN TERTIB DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SERTA MENJALANKAN KEBIJAKAN PENGENDALIAN YANG DIBUAT PEMERINTAH TELAH MEMBERI SUMBANGSI NYATA SEHINGGA KITA MAMPU MELEWATINYA DENGAN BAIK.


DITENGAH MENURUNNYA WABAH COVID 19, NEGARA KITA TERUS MELAKUKAN BERBAGAI UPAYA UNTUK MENDORONG PEMULIHAN EKONOMI, MESKI PADA SATU ASPEK KITA MENGHADAPI KONDISI GLOBAL YANG TERUS BERGEJOLAK DAN MEMBERI TEKANAN TERHADAP PEREKONOMIAN NASIONAL KITA. BERBAGAI DINAMIKA DAN PERUBAHAN DI TINGKAT GLOBAL AKHIR-AKHIR INI BERPOTENSI MENIMBULKAN STAGNASI PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TINGGI. BAHKAN KONFLIK RUSIA-UKRAINA YANG SEKARANG TERJADI, JUGA SEMAKIN MEMPERBERAT RISIKO GLOBAL, DAN DAPAT MEMICU TERJADINYA MARKET MOOD PADA HARGA-HARGA KOMODITAS UTAMA. DALAM SITUASI GLOBAL SEPERTI ITU, PEMERINTAH KITA TERUS BERGERAK MENGELOLA INSTRUMENT KEBIJAKANNYA, ANTARA LAIN MELALUI BERBAGAI PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL (PEN) UNTUK MENJAGA DAYA BELI DAN MERINGANKAN BEBAN MASYARAKAT.


SDR. GUBERNUR, SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT, HADIRIN YANG BUDIMAN...


TERLEPAS DARI RAGAM DINAMIKA GLOBAL YANG TERJADI, BERBAGAI ASUMSI DAN TREND PERBAIKAN EKONOMI DI TAHUN INI BERADA DALAM GEJALA POSITIF. SEIRING DENGAN MENURUNNYA ANGKA COVID 19, TENTU SEMAKIN MEMBERI SOLUSI DALAM MENGELOLA KEBIJAKAN NEGARA DAN DAERAH KITA AGAR TETAP BERADA DALAM KALKULASI DAN JANGKAUAN YANG TERUKUR SESUAI TARGET YANG DITETAPKAN.


TAHUN INI, PEREKONOMIAN NEGARA KITA DIPREDIKSI TUMBUH SECARA POSITIF PADA KISARAN 4,7% s/d 5,5%. PERTUMBUHAN TERSEBUT DIDUKUNG DENGAN BERBAGAI INDIKATOR DINI EKONOMI, ANTARA LAIN: MASIH TINGGINYA ANGKA PURCHASING MANAGER'S INDEX (PMI) MANUFAKTUR KITA YANG BERADA PADA ZONA EKSPANSI, BAHKAN MELAMPAUI DARI PMI ASIA. SELAIN ITU, PEMERINTAH RELATIF MAMPU MENJAGA IKLIM INVESTASI YANG SEMAKIN KONDUSIF, SERTA MENINGKATNYA KEPERCAYAAN DUNIA INTERNASIONAL UNTUK MENANAMKAN MODALNYA DI INDONESIA. DI SAMPING ITU, KEBIJAKAN REFORMASI STRUKTURAL YANG TERUS DILAKUKAN PEMERINTAH, TURUT MENGGENJOT PEREKONOMIAN NASIONAL DI TAHUN 2022 INI.


KERJA KERAS PEMERINTAH MERUPAKAN LANGKAH NYATA YANG PATUT DIHARGAI, WALAU PADA SATU SISI AGAK DICEDERAI" DENGAN MEROKETNYA DAN KURANGNYA PASOKAN MINYAK GORENG DI PASARAN. KONDISI INI SUDAH TERJADI PADA AKHIR OKTOBER TAHUN 2021 LALU, DAN SEMAKIN SERIUS PADA PARUH AWAL DI TAHUN 2022 INI. SEJAK AKHIR FEBRUARI SAMPAI BULAN MARET TAHUN 2022 DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI BULAN KESEDIHAN BAGI EMAK-EMAK KITA. SAMPAI SEKARANG INI, HARGA MINYAK GORENG MASIH BERTAHTA DI LUAR HARGA NORMAL DAN WAJAR.


DI SULAWESI TENGGARA, KHUSUSNYA DI KOTA KENDARI, HINGGA MARET 2022, HARGA MINYAK GORENG KEMASAN TEMBUS DIANGKA 70 s/d 75 RIBU RUPIAH PER LITER. BAHKAN SAMPAI SAAT INI, SULTRA MASIH MENGALAMI KEKOSONGON STOCK, KHUSUSNYA PADA RITEL-RITEL MODERN. SEMENTARA DI PASAR TRADISIONAL DAN ECERAN, HARGA MINYEK GORENG MASIH BERTENGGER DI ANGKA 30 s/d 55 RIBU PER LITER. KENAIKAN DAN KEKURANGAN PASOKAN MINYAK GORENG JUGA MENIMBULKAN KEPANIKAN SERTA ANTRIAN EMAK-EMAK UNTUK MENDAPATKAN SELITER MINYAK GORENG. DI BEBERAPA DAERAH, KEPANIKAN DAN ANTREAN IBU-IBU BAHKAN TELAH MENIMBULKAN KORBAN JIWA. KONDISI INI DIPERPARAH DENGAN ADANYA OKNUM DAN PENGUSAHA YANG MENIMBUN UNTUK MENGAMBIL KEUNTUNGAN BESAR DENGAN MEMANFAATKAN KEADAAN YANG TERJADI.


DALAM SUASANA SEPERTI ITU, PEMERINTAH MELAKUKAN UPAYA UNTUK MENSTABILKAN HARGA DAN MENJAGA KETERSEDIAAN PASOKAN MINYAK GORENG MELALUI OPERASI PASAR MAUPUN PASAR MURAH. NAMUN..., UPAYA TERSEBUT BELUM MEMBUAHKAN HASIL YANG OPTIMAL. LANGKAH SELANJUTNYA, PEMERINTAH MENGAMBIL KEBIJAKAN UNTUK MEMBERIKAN BLT MINYAK GORENG, BAIK MELALUI BLT PADA RUMPUN PROGRAM BANSOS PANGAN MAUPUN DI RUMPUN BANTUAN TUNAI PEDAGANG KAKI LIMA DAN WARUNG ATAU BT-PKLWN. SKEMA PEMBIAYAAN BLT DIMAKSUD BERASAL DARI ANGGARAN PROGRAM PEN TAHUN 2022 DENGAN TOTAL ALOKASI BERKISAR 6,94 TRILIUN RUPIAH.


TERAKHIR, KITA MENDAPATKAN INFORMASI BAHWA PRESIDEN DALAM RAPAT TERBATAS KABINET TANGGAL 22 APRIL LALU TELAH MEMUTUSKAN LARANGAN EKSPOR BAHAN BAKU MINYAK GORENG DAN MINYAK GORENG TERHITUNG SEJAK TANGGAL 28 APRIL 2022 SAMPAI WAKTU YANG DITENTUKAN KEMUDIAN.


KEBIJAKAN PEMERINTAH TERSEBUT PATUT DIAPRESIASI DAN KITA BERHARAP AGAR KEBIJAKAN TERSEBUT DAPAT MENJAMIN KETERSEDIAAN MINYAK GORENG DALAM NEGERI DENGAN HARGA YANG TERJANGKAU.


SDR. GUBERNUR, SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT, HADIRIN YANG BUDIMAN...


DITATARAN LOKAL DAERAH KITA SULAWESI TENGGARA, PERTUMBUHAN EKONOMI SULTRA TAHUN 2022 DIPROYEKSIKAN AKAN TERUS MEMBAIK. PARA AHLI MEMPREDIKSI, TREN POSITIF PERTUMBUHAN EKONOMI SULTRA PADA TAHUN 2021 DIPERKIRAKAN BERLANJUT HINGGA TAHUN 2022 DIANGKA YANG LEBIH BAIK. MEMBAIKNYA KONDISI PEREKONOMIAN SULTRA PADA TAHUN INI DIPENGARUHI ANTARA LAIN:


- PERKIRAAN JALANNYA PRODUKSI SEKTOR PERTAMBANGAN DAN INDUSTRI PENGOLAHAN SEIRING PERBAIKAN PERMINTAAN DARI NEGARA MITRA DAGANG UTAMA SULTRA;

- MEMBAIKNYA KONSUMSI MASYARAKAT YANG MENDORONG PUTARAN EKONOMI;

- ADANYA REALISASI INVESTASI BEBERAPA PELAKU USAHA SEKTOR PENGOLAHAN;

- BERJALANNYA IVENT-IVENT SKALA NASIONAL DI SULTRA;

- RELATIF MASIH TERJAGANYA PRODUKSI SEKTOR PERTANIAN;

- TINGGINYA AKTIVITAS KONTRUKSI SEIRING PENYELESAIAN PROYEK DAN PENAMBAHAN PROYEK BARU PEMERINTAH DAN SWASTA; SERTA

- AKTIVITAS PERDAGANGAN SEIRING PERBAIKAN PENANGANAN COVID-19.


SEJALAN DENGAN KONDISI PEREKONOMIAN YANG TERUS MEMBAIK, SERTA DIIRINGI PENINGKATAN INVESTASI DAN PERBAIKAN KONDISI USAHA DI SULTRA DIHARAPKAN DAPAT BERKONTRIBUSI PADA PENINGKATAN PENYERAPAN TENAGA KERJA. SEJALAN DENGAN ITU, PEMERINTAH DAERAH PERLU BEKERJA KERAS, MENDORONG DAN MENGUPAYAKAN SINERGI DAN KOLABORASI DALAM RANGKA: PERBAIKAN AKTIVITAS DAN KONSUMSI MASYARAKAT; PERBAIKAN KONDISI DUNIA USAHA DAN PELAKU USAHA UNTUK MELAKUKAN EKSPANSI; SERTA TUMBUHNYA USAHA BARU YANG PADA AKHIRNYA MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA YANG MAMPU MENGAKOMODIR PENAMBAHAN PENDUDUK USIA KERJA KITA.


BERDASARKAN DATA YANG DIFORMULASIKAN BANK INDONESIA UNTUK TRIWULAN IV 2021, SEKTOR YANG PALING BANYAK MENYERAP TENAGA KERJA DI SULTRA ADALAH SEKTOR INFORMAL SEBESAR 62,81% YANG TERBAGI MELALUI: USAHA PERTANIAN DALAM ARTI LUAS; SEKTOR PERDAGANGAN; INDUSTRI PENGOLAHAN; KONSTRUKSI; DAN TRANSPORTASI. SEDANGKAN SEKTOR TAMBANG HANYA MENYERAP SEBESAR 2,64% TENAGA KERJA.


KE DEPAN..., SERIRING MEMBAIKNYA IKLIM INVESTASI; BERJALANNYA PEMBANGUNAN FISIK DAN PENINGKATAN PRODUKSI HASIL TAMBANG, SERAPAN TENAGA KERJA DI SEKTOR INI HARUS LEBIH BERDAYA DALAM MENYERAP TENAGA KERJA LOKAL KITA, KHUSUSNYA PADA INVESTASI TAMBANG YANG BERBASIS PMA. KARENA ITU, UNTUK MENGOPTIMALKAN PENYERAPAN TENAGAKERJA LOKAL DIPERLUKAN LANGKAH: MEMBENTUK DAN MENGAKTIFKAN LEMBAGA PELATIHAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK DENGAN MENYESUAIKAN KURIKULUM KHUSUS YANG SESUAI KEBUTUHAN INDUSTRI DI SULTRA. CARA INI LEBIH FIT DAN PROPER UNTUK MEMPERSIAPKAN GRADASI ALIH TEKNOLOGI YANG LEBIH BAIK DI MASA MENDATANG.


DALAM KONTEKS YANG LEBIH LUAS, PENYERAPAN TENAGA KERJA LOKAL DI SULTRA PERLU DIUPAYAKAN SINERGITAS ANTAR BERBAGAI STAKEHOLDER DENGAN MENDORONG INVESTASI PADA LAPANGAN USAHA POTENSIAL YANG BERSIFAT PADAT KARYA DAN BERDAMPAK BESAR PADA PENYERAPAN TENAGA KERJA LOKAL. PADA SISI LAIN, PEMERINTAH DAERAH PERLU TERUS MENDORONG BANGKITNYA PENGEMBANGAN UMKM YANG LABOUR INTENSIVE MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS, PENINGKATAN AKSES PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN UMKM YANG LEBIH BAIK.


SDR. GUBERNUR, SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT, HADIRIN YANG TERHORMAT...


DALAM UPAYA MELAKSANAKAN DAN MENINGKATKAN DIMENSI PEMBANGUNAN DAERAH, DPRD SULTRA AKAN TERUS BERKONTRIBUSI TERKAIT PERAN DAN POSISINYA, BAIK SEBAGAI MITRA UTAMA PEMERINTAH DAERAH MAUPUN SEBAGAI WAKIL RAKYAT DALAM MERESPON ASPIRASI PUBLIK. SEBAGAI MITRA UTAMA, DPRD SULTRA TETAP FOKUS MENGEMBANGKAN PERANNYA SEBAGAI BAGIAN DARI PEYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH UNTUK MENDORONG, MEMBANTU, SERTA MENGAWASI JALANNYA PEMERINTAHAN DAERAH.


SEBAGAI DUTA MASYARAKAT, DPRD SULTRA TETAP PADA EKSISTENSINYA UNTUK MERESPON, MENYERAP DAN MEMPERJUANGKAN ASPIRASI PUBLIK YANG DISAMPAIKAN DI RUMAH RAKYAT YANG TERHORMAT INI. DI SAMPING ITU, GUNA MEMAKSIMALKAN SUARA-SUARA PUBLIK DI DAERAH PEMILIHAN, DPRD TERUS BERUPAYA MELAKUKAN PENJARINGAN ASPIRASI DI MASA RESES, YANG SELANJUTNYA DIFORMULASIKAN UNTUK MENJADI POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD. TERKAIT DENGAN POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD TERSEBUT, DPRD MEMBERIKAN APRESIASI KEPADA SAUDARA GUBERNUR YANG SELAMA INI MERESPON DENGAN BAIK POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD UNTUK MENJADI ITEM KEGIATAN PEMBANGUNAN DAERAH.


ADALAH SUATU KEHORMATAN BAGI DPRD, JIKA POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD DAPAT DIKONVERSI MENJADI BAGIAN DARI AKSI KEBIJAKAN DAERAH. HAL DEMIKIAN SELARAS DENGAN KETENTUAN PERMENDAGRI NOMOR 86 TAHUN 2017, BAHWA POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD MERUPAKAN SALAH SATU BAGIAN YANG DITELAAH OLEH PEMERINTAH DAERAH DALAM RANGKA PENYUSUNAN RANCANGAN AWAL RKPD, DAN MENJADI BAGIAN DARI KAIDAH PERUMUSAN KEBIJAKAN DALAM RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH.


SINERGITAS ANTARA DPRD DAN PEMERINTAH DAERAH AKAN SEMAKIN DITINGKATKAN DALAM PENGELOLAAN PEMBANGUNAN DAERAH PADA MASA-MASA MENDATANG. BAGAIMANAPUN, DPRD ADALAH SALAH SATU ENTITAS KELEMBAGAAN DAERAH YANG JUGA DIFORMULASIKAN SEBAGAI BAGIAN DARI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH. KARENA ITU, DPRD MEMILIKI TANGGUNGJAWAB MORIL DAN KONSTITUSIONAL UNTUK MEMBANTU PEMERINTAH DAERAH MENYUKSESKAN AGENDA PEMBANGUNAN DI DAERAH. DALAM KOHESI DAN IRISAN SEPERTI ITULAH, MAKA BANGUNAN DALAM PERSPEKTIF “KEMITRAAN SETARA” ANTARA PEMDA DAN DPRD MEGHAJATKAN SINERGITAS TANPA PERLU TERJEBAK PADA KUTUB DOMINASI MANA YANG PALING KUASA, SEBAB MASING-MASING MEMILIKI PORSI DAN WEWENANGNYA.


SDR. GUBERNUR, SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT, HADIRIN YANG TERHORMAT...


DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN DAERAH, PEMERINTAH DAERAH TELAH MELAKSANAKAN TANGGUNGJAWABNYA DENGAN BAIK, MESKI MASIH PERLU DIOPTIMALKAN PADA MASA-MASA MENDATANG. DPRD MENYAMPAIKAN PENGHORMATAN KEPADA SAUDARA GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR YANG TELAH BEKERJA KERAS MENJALANKAN VISI MISI PEMBANGUNANNYA. BERBAGAI PROGRAM, KEGIATAN, DAN INOVASI YANG DILAKUKAN TELAH MAMPU MENGANGKAT DERAJAT PEMBANGUNAN DAERAH INI SECARA SIGNIFIKAN. DPRD MENILAI, APA YANG TELAH DIRAIH HINGGA SAAT INI ADALAH BAGIAN DARI KELANJUTAN SEJARAH SEBAGAIMANA TELAH DILETAKKAN DENGAN BAIK OLEH PARA PENDAHULU DAN PENDIRI PROVINSI INI.


PENGHORMATAN DPRD TURUT KAMI TAUTKAN KEPADA TNI-POLRI YANG TERUS MEMBANTU NEGARA DAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN PERTAHANAN NASIONAL, KESATUAN DAN PERSATUAN WARGA, KEAMANAN DAN KETERTIBAN, SERTA DUKUNGANNYA PADA MASALAH SOSIAL, KEBENCANAAN DAN KEMANUSIAAN. APRESIASI YANG SAMA JUGA KAMI SAMPAIKAN KEPADA SEGENAP TOKOH AGAMA, TOKOH MASYARAKAT, TOKOH ADAT, TOKOH WANITA, PERS, PEGIAT NGO, MAHASISWA DAN PARA PEMUDA SULTRA YANG TERUS DALAM SEMANGAT KEBERSAMAAN MENJAGA TOLERANSI, MEMPERKUKUH PERSATUAN DAN PERDAMAIAN DI BUMI SULAWESI TENGGARA.


PENGHARGAAN DPRD JUGA TERTUJU KEPADA SEMUA PIHAK YANG BERKONTRIBUSI MEMBANGUN KERJA DALAM KIPRAHNYA MASING-MASING BAIK KALANGAN DI PEMERINTAHAN DAERAH, SWASTA, INSTANSI VERTIKAL, AKADEMISI, PRAKTISI, BADAN, KOMISIONER MAUPUN PARA PETANI, NELAYAN DAN BURUH DI SELURUH PELOSOK NEGERI SULAWESI TENGGARA.


SECARA KHUSUS, KAMI ATAS NAMA PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD SULTRA TURUT MENYAMPAIKAN UCAPAN DUKA BELASUNGKAWA SEDALAM-DALAMNYA ATAS WAFATNYA SALAH SEORANG PERSONIL BRIMOB POLDA SULTRA ATAS NAMA IPDA IMAM AGUS HUSEIN. BELIAU BERPULANG KARENA TERJADINYA INSIDEN BERTEPATAN DENGAN PENGAMANAN AKSI DEMO PADA TANGGAL 11 APRIL BEBERAPA HARI LALU. SEMOGA ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA KUASA MENERIMA AMAL BAIKNYA, MENERIMA BAKTINYA PADA DAERAH DAN NEGARA, DAN BERKENAN MEMBUKAKAN PINTU RAHMATNYA.


SDR. GUBERNUR, SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT, HADIRIN YANG TERHORMAT...


MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, TIDAK LENGKAP RASANYA TANPA UNGKAPAN PANTUN. KARENA ITU, MOHON PERKENAANNYA SAYA MENYAMPAIKAN PANTUN, DAN SEMOGA MENGINSIRASI KITA JELANG BERBUKA PUASA.


CANTIK KEMAYU NAMANYA ATUN ...

SENYUMNYA INDAH LAKSANA RATU ***

NEGERI SULTRA TANAH PENYANTUN ...

WARGANYA PADU TETAP BERSATU ***


JEMPUT TAMU PAKAI KEBAYA ...

TANDA PESONA CINTA BUDAYA ***

TANAH SULTRA TERSOHOR KAYA ...

PERLAMBANG CITA INDONESIA RAYA ***


SELANJUTNYA, MENGINGAT MOMENT IDUL FITRI 1443 HIJRIAH TINGGAL MENGHITUNG HARI, MAKA MELALUI FORUM YANG TERHORMAT INI, LEBIH AWAL SAYA MENGUCAPKAN:


SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1443 HIJRIAH,

MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN...


TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM, BARAKALLAHU FIIKUM...!


DEMIKIAN...., TERIMAKASIH ATAS SEGALA HIKMAD DAN PERHATIANNYA...


HIDUP NEGERIKU ... DAMAI DAERAHKU .... JAYA SULTRA-KU ...!!!

BILLAHITAUFIQ WALHIDAYAH, WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB.

OM SHANTI SHANTI SHANTI OM, NAMO BUDDHAYA.

KENDARI, 26 APRIL 2022


KETUA DPRD

PROVINSI SULAWESI TENGGARA

TTD,



(H. ABDURRAHMAN SALEH, SH., M.Si)